Minggu, 30 Desember 2012

Perbedaan Lemak Jenuh dan Tak Jenuh


          Sekarang aku mau kasih tau mengenai perbedaannya, karena lebih banyak ilmu jg bagus kan!
          Untuk mengetahui perbedaan antara lemak jenuh dan takjenuh adalah, dua jenis tipe lemak yang ditemukan dalam makanan, dapat menolong kolesterol kita lebih rendah. sedangkan kedua jenis lemak(jenuh dan tak jenuh) dalam berbagai jenis makanan, ditemukan bahwa lemak tsb tidak dibuat sama. Lemak tak jenuh bermanfaat bagi jantung kita, sedang lemak jenuh dapat mengganggu kolesterol dan jantung. 
          Lemak jenuh terdapat di hewan dan produk-produk makanan olahan, seperti daging, produk susu, kripik, dan yang merusak. Struktur kimia dari lemak jenuh adalah sepenuhnya dengan atom hidrogen, dan tidak mengandung dua rantai ikatan antara atom-atom karbon. Lemak jenuh tidak menyehatkan jantung, karena mereka paling dikenal untuk meningkatkan kolesterol LDL (kolesterol yang buruk).
          Lemak tak jenuh,terdapat pd makanan seperti kacang, avocado, dan zaitun(olive). Mereka cair pada suhu kamar dan berbeda dg lemak jenuh dalam struktur kimia yang berisi dua rantai ikatan. Selain itu, peneliti telah menunjukkan bahwa lemak tak jenuh juga menyehatkan jantung, mereka mempunyai kemampuan untuk menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan HDL kolesterol(kolesterol baik).
Nih loh, perbedaan yang mendasar pada Lemak Jenuh dan Tak Jenuh!
Asam lemak jenuh :
  1. Bersifat non essensial
  2. Dapat disintesis oleh tubuh
  3. Padat pada suhu kamar
  4. Diperoleh dari  sumber zat hewani contoh mentega
  5. Tidak ada ikatan rangkap
Asam lemak tidak jenuh :
  1. Bersifat essensial
  2. Tidak dapat diproduksi tubuh
  3. Cair pada suhu kamar
  4. Diperoleh dari sumber zat nabati contoh minyak goreng
  5. Ada ikatan rangkap
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar